Pengumuman SBMPTN 2017/2018 ~ Jangka waktu pendaftaran SBMPTN 2017/2018 yang akan segera berakhir membuat sebagian calon peserta cukup cemas sehingga proses pendaftaran harus dilakukan sesegera mungkin agar tidak ketinggalan sedangkan masih banyak juga yang bingung tentang proses pendaftaran secara online ikut tes SBMPTN 2017/2018 ini.

Jika teman ingin melakukan pendaftaran secara sendiri namun belum ada pengalaman mengenai tata cara pendaftaran online maka jangan khawatir karena sebenarnya pendaftaran ini cukup mudah hanya dengan mengikuti langkah-langkah yang seharusnya yaitu kurang lebih ada 7 langkah yang harus dilalui dan disini admin akan berikan langkah mudahnya bagi teman semua di Pendaftaran Online SBMPTN 2017/2018 Penjelasan Langkah demi Langkah berikut.

Sebelum dijelaskan lebih lanjut mengenai ketujuh langkah mendaftar SBMPTN 2017/2018 itu maka ada satu langkah registrasi offline yang harus dilakukan dengan cara datang ke bank maupun bisa dilakukan via ATM, dengan membawa kartu identitas dan uang untuk membayar biaya pendaftaran SBMPTN tahun 2017/2018.

Di dalam laman resmi SBMPTN 2017/2018 tertera biaya pendaftaran adalah Rp. 200.000,- yang bisa dibayarkan melalui bank BNI atau Bank Mandiri, dengan syarat biaya yang telah dibayarkan tida dapat ditarik kembali bila terjadi kesalahan namun jangan khawatir karena bila mengikuti prosedur pendaftaran yang benar maka tentunya tidak akan ada kesalahan.

Sedangkan untuk 7 langkah lainnya akan dijelaskan secara singkat dan jelas di bawah ini,

1. Proses Login pendaftaran SBMPTN 2017/2018

Untuk poin satu ini harus dipastikan terlebih dahulu bahwa telah melalui proses pembayaran di bank dan telah memperoleh KAP dan PIN yang nantinya akan dilakukan untuk login di web pendaftaran SBMPTN 2017/2018 akan bisa mengisi formulir pendaftaran yang ada sesuai dengan identitas dan biodata sebenarnya.

Baru kemudian menggunakan KAP dan PIN untuk login di web resmi pendaftaran yang beralamat di reg.sbmptn.or.id, yang harus dilakukan adalah memasukkan KAP ke kolom username kemudian PIN ke kolom password dan satu lagi kode verifikasi sesuai petunjuk yang diberikan.

Jika proses login benar maka teman akan dibawa dalam halaman pendaftaran yaitu halaman formulir yang diawali dengan tombol unggah foto seperti yang akan dijelaskan pada poin 2, silahkan disimak informasinya.

2. Unggah Foto (harus foto resmi bukan selfie)

Tentang cara unggah foto mungkin teman sudah terbiasa unggah foto di media sosial seperti facebook namun yang perlu menjadi catatan bahwa untuk foto di pendaftaran resmi SBMPTN 2017/2018 haruslah menggunakan pas foto resmi karena nantinya foto ini akan langsung menjadi kartu mahasiswa jika berhasil lulus pada tes SBMPTN di kampus pilihan.

3. Pengisian biodata calon peserta SBMPTN 2017/2018

Biodata yang harus diisikan peserta SBMPTN haruslah sesuai dengan kolom yang ada dan diisi dengan data yang sebenarnya, dan kolom terbagi menjadi 2 yakni ada kolom isian wajib dan juga yang tidak wajib dan semuanya admin rasa tak terlalu sulit dan sudah cukup jelas.

4. Borang data pendidikan peserta SBMPTN

Langkah keempat dilakukan setelah pengisian biodata telah dilakukan secara sempurna maka akan dilanjutkan ke borang data pendidikan dimana formulir yang diisikan adalah mengenai data pendidikan, untuk data yang valid sebaiknya disesuaikan dengan ijazah mulai dari sekolah dasar hingga ke SMA, oleh karena ini hal penting sehingga isian data diisi dengan data yang sebenarnya.

5. Pilih tempat ujian dan Prodi

Untuk pilihan tempat ujian biasanya disesuaikan dengan tempat pendaftaran PTN atau kampus pilihan yang pada kolom ini pengisian sifatnya memilih sehingga kita tinggal menyesuaikan saja tempat ujian dan prodi atau jurusan kuliah yang akan diambil oleh teman dalam jalur SBMPTN 2017/2018.

6. Borang konfirmasi data

Pada akhir isian data maka calon peserta diberikan ringkasan biodata yang telah didaftarkan agar bisa diperiksa secara teliti sebelum di konfrimasi melalui borang konfirmasi data, perlu diperhatikan bahwa setelah borang konfirmasi data dikirim maka data yang dibuat sudah tidak bisa diubah kembali.

7. Percetakan Kartu

Untuk percetakan kartu maka komputer atau laptop yang digunakan untuk melakukan pendaftaran SBMPTN 2017/2018 haruslah terkoneksi dengan mesin pencetak atau printer sehingga kartu dapat langsung dicetak namun jika belum sempat dicetak karena menggunakan komputer di warnet atau alasan lainnya maka bisa disimpan terlebih dahulu dengan cara mengunduh kartu peserta dan menyimpannya ke dalam flashdisk.

Bagi yang kelupaan atau tidak sempat menyimpan kartu peserta maka tak perlu cemas karena masih bisa diakses dengan cara login menggunakan KAP dan PIN di laman resmi SBMPTN 2017/2018, hanya saja tidak bisa mengubah isian data yang telah dikirim. Setelah selesai maka tinggal menunggu jadwal ujian SBMPTN 2017/2018 yang akan diulas pada tulisan selanjutnya, terima kasih atas kunjungannya.
Description
: Pengumuman SBMPTN 2017/2018 Pendaftaran Online dan Penjelasan Langkah
Rating
: 4.5
Reviewer
: Windari Sanjaya
ItemReviewed
: Pengumuman SBMPTN 2017/2018 Pendaftaran Online dan Penjelasan Langkah